Wisata Museum Kereta Api Ambarawa by JatengKeren!

Wisata Museum Kereta Api Ambarawa by JatengKeren!


Kereta Uap Ambarawa Semarang

Gambar Kereta Uap Ambarawa Semarang


Salam JatengKeren! kali admin akan membahas salah satu wisata terbaik di daerah ungaran,semarang jawa tengah,wisata kereta uap jaman dulu ini memang sudah sangat terkenal sampai manca negara,dan wisata ini memang sangat cocok untuk sobat yang suka terhadap alam dan wisata dengan kereta,karena kita akan di suguhkan pemandangan alam seperti rawa pening persawahan serta lereng gunung ungaran yang sangat luar biasa indah.

Tentang Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa Semarang merupakan sebuah stasiun kereta api tua warisan dari jaman penjajahan kolonial Belanda. Museum ini menyimpan berbagai jenis lokomotif uap antik yang dulu pernah digunakan di berbagai tempat di Indonesia, dan berbagai macam benda yang berhubungan erat dengan kereta api dan sistem perkeretaapian.
Lokasi Museum Kereta Api Ambarawa Semarang dahulu merupakan titik pertemuan antara jalur dengan lebar kereta 1.435 mm ke arah Kedungjati dengan jalur lebar kereta 1.067 mm ke arah Yogyakarta lewat Magelang. Museum Kereta Api Ambarawa berdiri pada 6 Oktober 1976 untuk menyimpan lokomotif uap ketika jalur rel 1.435 mm ditutup.

Museum Kereta Api Ambarawa Semarang dilihat dari area di dekat pintu masuk museum dengan koleksi roda kereta api yang diletakkan di atas rel pendek dikelilingi rantai, berlatar belakang nama Stasiun Kereta Api Ambarawa pada jaman kolonial, yaitu Stasiun Willem I. Stasiun ini dibangun pada 21 Mei 1873 di lahan seluas 127.500 m².
Pada jaman penjajahan kolonial Belanda, Kota Ambarawa menjadi pangkalan militer bagi pemerintahan kolonial, maka atas perintah dari Raja Willem I dibangunlah stasiun kereta api baru di Kota Ambarawa pada tahun 1873 sehingga pemerintah kolonial bisa lebih mudah mengangkut tentaranya dari Ambarawa ke Semarang dan sebaliknya.

Fasilitas

Museum ini melayani kereta wisata Ambarawa-Bedono pp, Ambarawa-Tuntang pp dan lori wisata Ambarawa-Tuntang pp. Kereta wisata Ambarawa-Bedono pp atau lebih dikenal sebagai Ambarawa Railway Mountain Tour ini beroperasi dari museum ini menuju Stasiun Bedono yang jaraknya 35 km dan ditempuh 1 jam untuk sampai stasiun itu. Kereta ini melewati rel bergerigi yang hanya ada di sini dan di Sawahlunto. Panorama keindahan alam seperti lembah yang hijau antara Gunung Ungaran dan Gunung Merbabu dapat disaksikan sepanjang perjalanan.

Pemandangan yang dapat dinikmati dari kereta dan lori Ambarawa-Tuntang pun tak kalah bagusnya. Kereta ini berangkat dari stasiun menuju Stasiun Tuntang yang berada sekitar 7 km dari museum. Di sepanjang jalan dapat dilihat lanskap menawan berupa sawah dan ladang dengan latar belakang Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, dan Rawa Pening di kejauhan.

Wisata yang dapat kita nikmati di Museum KA Ambarawa antara lain:

1. Wisata sejarahnya tentunya
2. Bangunan Stasiun Arsitektur Belanda yang masih terawat
3. Benda-benda bersejarah yang terpajang di ruang pameran dan sudut – sudut stasiun ( coba liat barang – barangnya aneh – aneh dan keren – keren tentunya)
4. Belasan Lokomotif yang terpampang di depan stasiun
5. Wisata kereta Lori seharga Rp 10.000,-/orang dengan kapasitas minimal 20 orang melalui rute dari Stasiun Willem I ke Stasiun lama di Tuntang, pemandangannya sangat indah dari pedesaan, perbukitan, sawah – sawah , Rawa Pening, dan pemandangan pegunungan yang baguss banget.
6. Wisata kereta ketel uap dengan tujuan Stasiun Willem II di daerah Jambu dengan biaya Rp 3.500.000,- sekali jalan dengan kapasitas maksimal 40 orang. Pemandangan yang ditawarkan tak cukup kalah menariknya dengan kereta lori dan yang paling menarik ketika kereta mendaki bukit dengan menggunakan roda bergerigi. Namun sayangnya fasilitas ini beroperasi ketika ada kunjungan turis dari luar negeri atau sedang musim liburan saja.
7. Pusat jajan dan cinderamata di samping stasiun


Gambar Suasana Di Dalam Kereta Uap

Gambar Suasana Di Dalam Kereta Uap


Harga Tiket Dan Kereta

Senin – Minggu, pk 08:00 – 16:00 WIB

Harga tiket:
• Tiket masuk: Rp. 5.000
• Tiket lori: Rp. 10.000, Rp. 15.000 (hari libur)
• Tarif Kereta Api Uap: Rp 5.250.000 (pp) kapasitas 80 penumpang

Museum Kereta Api Ambarawa.
Alamat: Jalan Setasiun No 1, Ambarawa Kab Semarang.
Nomor Telepon 0298 591035.



Admin : Agus Wibisono



SHARE

Agus Wibisono

Saya Punya Misi Memperkenalkan Budaya,Wisata dan Kuliner Jawa Tengah

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut