Brekecek Kuliner Cilacap Yang Makin Berkembang by JatengKeren!

Brekecek Kuliner Cilacap Yang Makin Berkembang by JatengKeren!



Gambar Brekecek Khas Cilacap


Salam JatengKeren! kali ini bertemu lagi,dan admin akan membahas salah satu warisan kuliner dari jawa tengah yang sangat unik dan hanya bisa di temukan di cilacap saja." brekecek " adalah masakan yang dominan kuah kuning dnegan olahan utama adalah ikan dan di sajikan di sebuah wadah tanah liat serta dauin pisang sebagai alas bawahnya.kuliner brekecek ini memang sekilas mirip dengan rica rica namun rempah yang ada dalam masakan ini lebih kuat dari pada rica rica yang bisanya,dan yang membuat masakan ini jadi luar biasa adalah berkembangnya bahan utamanya yang meliputi ayam,daging,udang sampai cumi,dan salutnya adalah pemerintah kabupaten cilacap sedang gncar gencarnya mempromosikan masakan ini ke seluruh masyarakat di indonesia.

Selain rasanya yang khas, nama makanan satu ini juga sangat unik sehingga membuat orang yang tidak tahu menjadi penasaran dan ingin mencicipinya. Nama Brekecek sendiri diambil dari kata “Brek” yang artinya “dijatuhkan/ diletakan”  dan “kecek” yang berarti “dikecek/ dicampur”. Dalam proses pembuatannya, kepala ikan yang di gunakan adalah ikan jahan. Ikan tersebut kemudian di potong – potong lalu dimasak dan di kecek/di campur dengan bumbu khusus sehingga bumbunya meresap.

Brekecek ini memiliki 2 jenis, yaitu Brekecek ikan dan Brekecek basur/ itik serati. Walaupun berbahan dasar yang berbeda, namun bumbu yang di gunakan tetap sama. Bumbu tersebut juga disesuaikan dengan bahan dasarnya sehingga memiliki cita rasa yang pas dengan bahan dasarnya.
Di Cilacap sendiri makanan ini sangat terkenal. Dari 2 jenis Brekecek tadi yang paling digemari dan di jual adalah Brekecek ikan, karena bahan dan rasanya yang unik. Selain itu, karena Cilacap sebagai daerah pesisir pantai dan merupakan penghasil ikan sehingga bahan yang digunakan mudah dicari. Meskipun begitu, namun Brekecek basur ini tidak kalah nikmatnya, karena diolah dengan cara yang khusus sehingga memiliki cita rasa yang khas.

Brekecek ini memiliki cita rasa yang khas, rasa gurih, manis dan pedas pada kuah yang meresap kedalam daging memberikan kelezatan tersendiri pada masakan ini. Selain itu aroma rempah yang sangat terasa pada kuahnya, menambah kenikmata pada Brekecek ini. Brekecek sangat nikmat disajikan selagi hangat bersama dengan nasi. Karena menggunakan kepala ikan sebagai bahan dasarnya, banyak orang yang suka menyeruput kepala ikan ini. Dari situlah sensasi dalam menikmati makanan ini.

Sajian Utama Di Hotel Cilacap



Gambar Brekecek Dihidangkan di Hotel

Memang benar,brekecek adalah salah satu kuliner andalan di setiap hotel di kabupaten cilacap,apalagi hotel tau penginapan yang dekat denagn bibir pantai cilacap,dengan ciri khas ini membuat brekecek secara langsung dapat di promosikan ke setiap pengunjung dan berdampak positif bagi pemerintah daerah serta masyarakat cilacap sendiri salah satunya adalah hotel dafam di cilacap yang menghidangkan brekecek dengan farian yang sangat beragam serta di sajikan secara special ke tiap pengunjung yang menginap di sana.

Harga 

Berbicara tentang harga maka akan admin jawab terjangkau,benar memang kuliner yang sangat khas ini masih sangat terjangkau dengan bahan utama yang sangat mudah di jumpai membuat harga brekecek ini pun jadi lebih terjangkau,dan dapat sobat jumpai di setiap warung warung yang ada di sekitar cilacap,dengan harga Rp.15.000 dan jika anda berada di hotel tentu harganya sedikit lebih mahal dari harga di warung yang bisanya menyediakan brekecek ini.dan jangan lupa kunjungi terus blog saya ya,karena banyak informasi tentang provinsi jawa tengah yang tentunya sangat menarik dan tidak anda temukan di tempat lain,Terimakasih telah berkunjung..



Admin : Agus Wibisono

SHARE

Agus Wibisono

Saya Punya Misi Memperkenalkan Budaya,Wisata dan Kuliner Jawa Tengah

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut