Keindahan dan Legenda Air Terjun Widuri Grobogan by JatengKeren!

Keindahan dan Legenda Air Terjun Widuri Grobogan by JatengKeren!


Air Terjun Widuri Grobogan

Gambar Air Terjun Widuri Grobogan


Salam JatengKeren! kali ini admin akan membahas slaah stau keindahan alam yang berada di kabupaten grobogan jawa tengah,dan banyak sekali legenda yang mengiringi adanya air terjun ini,dan nama widuri adalah satu legenda masyarakat grobogan,serta air terjun ini adalah satu satunya air terjun yang berada di kabupaten grobogan,namun keindahannya memang sangat luarbiasa karena memang grobogan terkenal dengan dataran rendah dan perswahan.

Air Terjun Widuri Terletak di Desa Kemaduh Batur, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan, Propinsi Jawa Tengah. Peta dan koordinat GPS: 6° 58' 10.95" S  110° 59' 10.64" E, Berjarak kurang lebih 19 km sebelah timur laut kota Purwodadi di jalan raya Puwodadi Blora km 15.  Sesampainya di perempatan Ngantru (Tawangharjo) diteruskan ke utara kira-kira 15-20 menit berkendara.  Setelah itu dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati persawahan kira-kira 15 menit hingga tiba di lokasi air terjun tersebut. Air terju tersebut mempunyai ketinggian kurang lebih 40 meter dan terletak di tengah kawasan hutan jati dengan panorama alami dan menakjubkan.

Sejarah

Nama Widuri berasal dari kata Widodaren atau dalam bahasa Indonesia berarti "bidadari". Konon menurut cerita warga setempat, air terjun ini adalah tempat dimana 7 bidadari khayangan membersihkan tubuh/mandi yang kemudian salah satu selendang bidadari tersebut dicuri oleh Jaka Tarub yang kemudian menjadi suami dari salah satu bidadari yang bernama Dewi Nawangwulan.

Berikut ceritanya:

Suatu hari Jaka Tarub berangkat berburu di kawasan Gunung Keramat. Di gunung itu terdapat sebuah telaga tempat tujuh bidadari mandi. Jaka Tarub mengambil selendang salah satu bidadari. Ketika 7 bidadari selesai mandi, enam dari tujuh bidadari tersebut kembali ke kahyangan. Sisanya yang satu orang bingung mencari selendangnya, karena tanpa itu ia tidak mampu terbang. Jaka Tarub muncul datang menolong. Bidadari yang bernama Dewi Nawangwulan itu bersedia ikut pulang ke rumahnya. Keduanya akhirnya menikah dan mendapatkan seorang putri bernama Dewi Nawangsih. Selama hidup berumah tangga, Nawangwulan selalu memakai kesaktiannya. Sebutir beras bisa dimasaknya menjadi sebakul nasi. Suatu hari Jaka Tarub melanggar larangan Nawangwulan supaya tidak membuka tutup penanak nasi. Akibatnya kesaktian Nawangwulan hilang. Sejak itu ia menanak nasi seperti umumnya wanita biasa.

Maka, persediaan beras menjadi cepat habis. Ketika beras tinggal sedikit, Nawangwulan menemukan selendang pusakanya tersembunyi di dalam lumbung. Nawangwulan pun marah mengetahui kalau suaminya yang telah mencuri benda tersebut. Jaka Tarub memohon istrinya untuk tidak kembali ke kahyangan. Namun tekad Nawangwulan sudah bulat. Hanya demi bayi Nawangsih ia rela turun ke bumi untuk menyusui saja.

Keindahan Air Terjun Widuri di Purwodadi

Dengan kebersihan air yang tidak perlu diragukan lagi, anda bisa menyegarkan badan anda dengan cara berenang di dalamnya. Air terjun widuri ini akan lebih ramai dikunjungi banyak orang saat menjelang hari puasa serta hari liburan lainnya yang tentunya banyak orang memilih air terjun ini untuk melewatkan waktu liburan.

Bagi anda yang hobi berfoto- foto, air terjun Widuri ini memiliki panorama yang indah dan tentunya akan membuat acara berfoto anda akan terasa menyenangkan dan memberi kepuasaan tersendiri bagi anda dengan indahnya panorama yang disajikan.jika sudah berada di Purwodadi, tidak ada salahnya juga anda mampir mengisi perut anda dengan kuliner khas sana yaitu nasi jagung botok yuyu dan juga sayur lompong lemi yang tentunya mampu membuat perjalanan anda di Purwodadi akan terasa lebih berkesan.

Untuk akses sendiri admin sarankan menggunakan sepeda motor,dan untuk menuju air terjun ini kita harus berjalan menyusuri hutan di sekitar purwodadi dan dapat di tempuh sekitar 1 jam perjalanan yaitu sekitar 20 km timur kota purwodadi,untuk lokasi sendiri bisa di lihat DISINI

Jika and aberada di kabupaten grobogan atau purwodadi tak ada salahnya untuk mampir ke air terjun widuri ini ya,dengan mitos yang masih sangat kuat serta keindahan air terjun yang belum banyak orang tahu menjadikan kealamian masih sangat terjaga.dan jangan lupa kunjungi terus blog saya ya,karena banyak informasi tentang provinsi jawa tengah yang tentunya sangat menarik dan tidak anda temukan di tempat lain,Terimakasih telah berkunjung..



Admin : Agus Wibisono






SHARE

Agus Wibisono

Saya Punya Misi Memperkenalkan Budaya,Wisata dan Kuliner Jawa Tengah

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut