Mengenal Prasasti Canggal Mataram Kuno by JatengKeren!

Mengenal Prasasti Canggal Mataram Kuno by JatengKeren!


Gambar Prasasti Canggal

Gambar Prasasti Canggal


Salam JatengKeren! kali admin akan membahas satu dari banyak prasasti yang ada di jawa tengah,prasasti ini sendiri adalah peninggalan kerajaan mataram kuno yang rajanya sudah sangat terkenal yaitu wangsa syailendra.

Prasasti Canggal ditemukan di kompleks Candi Gunung Wukir, Desa Kadiluwih, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Berita mengenai penemuan ini pertama kali di publikasikan pada tanggal 10 Maret 1884, dalam sebuah sesi pertemuan anggota kelompok ilmiah Royal Academy di Amsterdam, Belanda. Prasasti ini adalah merupakan salah satu peninggalan terpenting dari kerajaan Mataram Kuno di wilayah Jawa Tengah. Pada prasasti ini ditemukan angka tahun pembuatan yang telah memungkinkan para arkeolog untuk dapat memperkirakan periodisasi berdirinya kerajaan tersebut di Pulau Jawa. Angka tahun pendirian pada prasasti tersebut termuat dalam sebuah Candrasengkala yang berbunyi “Sruti Indriya Rasa” (Sruti = 4, Indriya = 5, Rasa = 6) yang menyatakan tahun 654 Saka atau 732 Masehi. Prasasti ini dianggap sebagai prasasti “berangka tahun” yang tertua di Pulau Jawa.
Prasasti ini ditulis menggunakan aksara Pallava dan dalam Bahasa Sanskrit dialek awal yang menurut para ahli dirasa “kurang elegan” bila digunakan pada dokumen kerajaan. Dalam sebuah studi komparatif mengenai epigrafi, disebutkan bahwa baik bahasa, aksara maupun isi yang terdapat pada Prasasti Canggal, secara umum memiliki kemiripan dengan Prasasti Han Chei yang terdapat di Kamboja dan berasal dari pertengahan abad 7 M. Fakta ini menguatkan pendapat para ahli bahwa kedua prasasti itu memang berasal dari periode yang sama.
Prasasti Canggal memuat 25 baris tulisan yang terbagi menjadi 12 klausal yang dipahatkan pada sebuah lempeng batu persegi panjang berwarna kecoklatan. Terdapat pahatan berupa ornamen Floral pada bagian atas dan bawahnya yang berfingsi sebagai frame border atas isi prasasti. Beberapa bagian dari prasasti ini telah mengalami kerusakan, terutama pada bagian kakinya.

Transkrip Prasasti Canggal

Secara umum, isi dari prasasti Canggal menceritakan mengenai beberapa poin yakni:

1. Pendirian sebuah LINGGA (simbol Siva) di bukit Kunjarakunja atas perintah SANJAYA
2. Pemujaan terhadap Dewa Siva, Dewa Vishnu dan Dewa Brahma
3. Gambaran geografis pulau Jawa yang makmur, kaya akan biji-bijian, padi dan emas
4. Di pulau tersebut didirikan Candi Siva demi kebahagiaan penduduknya
5. Pendirian Candi Siva tersebut atas bantuan dari Kunjarakunjadesa.
6. Raja SANNA yang pernah memerintah di Pulau Jawa
7. Raja SANNA yang murah hati, adil dan bijaksana serta ahli dalam peperangan
8. Negara berkabung atas kepergian Raja SANNA
9. Pengganti Raja SANNA bernama SANJAYA
10. Negeri yang sejahtera, aman dan makmur

Berikut adalah salinan lengkap dari Prasasti Canggal yang berbahasa Sanskrit.



Admin : Agus Wibisono

SHARE

Agus Wibisono

Saya Punya Misi Memperkenalkan Budaya,Wisata dan Kuliner Jawa Tengah

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut