Nasi Gandul Sajian Khas Pati Jawa Tengah by JatengKeren!

Nasi Gandul Sajian Khas Pati Jawa Tengah by JatengKeren!


Nasi Gandul Khas Pati

Gambar Nasi Gandul Khas Pati


Salam JatengKeren! Pati,salah satu kabupaten di jawa tengah yang terletak di pesisir uatara jawa tengah dengan banyak sekali pantai serta daratan yang luas beragam pula tradisi dan makanan khasnya,dan jika kita menyebut kata pati yang terlintas adalah nasi gandul,salah satu kuliner paling di cari saat kita berkunjung di kota ini.dengan ciri khas kuah coklat serta daging sapi di atasnya dan tak lupa alas daun pisang yang masih di pertahankan membuat makanan ini sangat lezat dan bikin kangen jika ke pati,serta nasi gandul ini kita bisa memilih menunya yang tersedia adalah daging atau jeroan,telur bulat serta tempe,tinggal sesuai selera kita.

Sejarah

Asal-usul nama nasi gandul khas Pati berasal dari sebutan "gemandul" atau "gandul" yang berarti "bergelantung". Satu versi mengatakan, kata nasi gandul atau sego gandul diambil dari cara penyajian menggunakan daun pisang. Sehingga posisi nasi tidak menempel langsung di piring. Posisi nasi beralas daun pisang inilah dikatakan sebagai "menggelantung" di mana dalam bahasa Jawa disebut dengan "gemandul".
Oleh karena itu, nasi yang dulu dijual dengan alas daun pisang dan berbahan dasar empal daging sapi berkuah santan dinamakan sego gandul. Sego berarti nasi, sedangkan gandul yang diambil dari kata gemandul berarti menggelantung. Begitu satu versi sejarah dan asul-usul nasi gandul. 

Sejarah nasi gandul pati versi lain menyebutkan, dulu ada seorang penjual nasi daging empal berkuah santan dengan cara dijual keliling dan dipikul. Nah, berhubung cara berjualannya menggunakan tongkat dan dipikul, otomatis nasi yang dijual memiliki posisi gemandul yang berarti menggelantung. Dari sini, orang-orang Pati kemudian menyebutnya sego gandul.
Dari kedua cerita tersebut, redaksi wisata kuliner Direktori Pati menyimpulkan bahwa arti nasi gandul secara harfiah adalah nasi yang menggelantung. Jika kita mengacu pada sejarah asal-usul nasi gandul versi kedua di atas, maka sekarang ini kita praktis tidak lagi menjumpai nasi gandul yang dijual dengan cara dipikul dan dijual secara keliling.

Berikut menu pilihan untuk nasi gandul sendiri,ada telur rebus,

Menu Tambahan nasi Gandul

Gambar Menu Tambahan nasi Gandul 


Harga

Jika membahas harga dari nasi gandul ini sangat terjangkau sobat,karena jika kita berada di kota pati harga yang sangat standar adalah antara 7.000 rupiah - 15.000 rupiah saja tergantung menu yang kita pilih tadi dan berapa banayk yang kita inginkan dari isi menu tsb.dan jika kita suka dengan berbagai macam gorengan di sana juga di sediakan sangat banyak.

Nasi gandul adalah kuliner yang perlu kita lestarikan,dengan akar sejarah yang sangat kuat kuliner ini memang sarat akan perjuangan rakyat kecil khususnya daerah pati dan sekitarnya,dengan cari di pikul berkeliling mengisahkan pula suatu perjuangan mencari nafkah dari kuliner yang sudah sangat legendari dari bumi pati,oleh karena itu sobat smeua jangan pernah melewatkan luliner yang sangat lezat yang penuh akan makna ini.dan jangan lupa kunjungi terus blog saya ya,karena banyak informasi tentang provinsi jawa tengah yang tentunya sangat menarik dan tidak anda temukan di tempat lain,Terimakasih telah berkunjung..



Admin : Agus Wibisono

SHARE

Agus Wibisono

Saya Punya Misi Memperkenalkan Budaya,Wisata dan Kuliner Jawa Tengah

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut